Kamis, 16 Februari 2012

Keadaan Orang-Orang Yang Bertaqwa Pada Hari Kiamat

Adapun orang-orang yang bertaqwa , mereka tidak akan mengalami keguncangan pada hari itu (kiamat) serta tidak membuatnya ketakutan dan hari itupun berlalu seperti berlalunya Shalat dhuhur Dan ashar baginya .


Kembali pada Keadaan orang- orang yang bertaqwa pada hari kiamat , Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman : "Bahwasanya orang-orang yang telah ada ketetapan yang baik untuk mereka dari kami , mereka itu dijauhkan dari Neraka , mereka tidak akan mendengar sedikitpun suara api Neraka dan mereka kekal dalam menikmati apa yang di ingini oleh jiwa mereka . Mereka tidak disusahkan oleh kedahsyatan yang besar (pada hari kiamat) dan mereka di sambut oleh para malaikat . (Malaikat berkata) : "Inilah harimu yang telah di janjikan kepada mu". (QS.Al Anbiyaa': 101-103)

AMAL-AMAL YANG BERMANFAAT PADA HARI ITU Ketika terjadi adzab atau siksa kepada manusia , dan turunnya matahari hingga jaraknya mencapai 1 Mil di atas kepala seluruh makhluk , ada 7 golongan yang mendapat naungan 'arsy Allah di padang mahsyar . 7 golongan tersebut adalah :
1. Imam yang Adil
2. Pemuda yang tumbuh dalam ibadah kepada Rabbnya
3. Seorang lelaki yang hatinya terikat dengan mesjid
4. Orang yang menginfakkan hartanya secara sembunyi- sembunyi
5. Orang yang rasa takutnya kepada Allah itu menghalangi antara dia dan kemaksiatan dalam bentuk fitnah wanita
6. Orang-orang yang saling mencintai karena Allah
7. Orang yang berdzikir kepada Allah di kala sendirian , sampai kedua matanya meneteskan air mata . Itulah 7 golongan yang mendapat naungan Allah pada hari kiamat .

berikut ini ada beberapa Hadits Nabi atau sabda Rasulullah yang berkaitan dengan alam akhirat tentang hari kiamat dan padang mahsyar yang sengaja kami lampirkan disini dengan harapan agar bisa kita renungi dan kita amalkan . Rasulullah Shalallahu 'Alaihi Wa salam bersabda : "Barang siapa yang melepaskan seorang mukmin dari satu kesusahan dari kesusahan- kesusahan dunia maka Allah akan melepaskan nya dari kesusahan- kesusahan di hari kiamat". (Misykatul Mashabih: 1/71) Rasulullah Shalallahu 'Alaihi Wa salam bersabda : "Sesungguhnya orang-orang yang berbuat kebaikan , derajatnya di sisi Allah adalah di atas mimbar-mimbar yang terbuat dari cahaya,dari berkah Ar Rahman 'Azza wa Jalla , dan setiap kedua tangannya terdapat berkah orang-orang yang berbuat adil di dalam hukum kepada keluarga mereka dan terhadap wali yang di amanatkan untuk dia laksanakan". (HR.Muslim)

Rasulullah Shalallahu 'Alaihi Wa salam bersabda : "Orang yang mati syahid memiliki enam keberuntungan di sisi Allah....,dan dia aman dari goncangan yang dahsyat,...". (Misykatul Mashabih: 2/35) Rasulullah Shalallahu 'Alaihi Wa salam bersabda : "Barang siapa yang mati dalam keadaan ribath di jalan Allah , maka dia selamat dari goncangan yang dahsyat...". (Shahihul Jami' Shaghir: 3/171) Rasulullah Shalallahu 'Alaihi Wa salam bersabda : "Barangsiapa yang menahan kemarahannya padahal dia mampu melaksanakannya , maka Allah memanggilnya di hadapan seluruh makhluk pada hari kiamat kemudian Allah menyuruhnya memilih bidadari HURUL 'IIN yang dikehendakinya" . (Misykatul Mashabih: 2/631)

Rasulullah Shalallahu 'Alaihi Wa salam bersabda : "Para muadzhin akan memiliki leher lebih panjang di antara manusia lain pada hari kiamat nanti" . (HR.Muslim) Rasulullah Shalallahu 'Alaihi Wa salam bersabda : "Barangsiapa telah beruban rambutnya, dan dia masih dalam keadaan muslim niscaya pada hari kiamat nanti rambutnya akan bercahaya" . (Shahih Jami' Shagir: 5/304) Rasulullah Shalallahu 'Alaihi Wa salam bersabda : “Sesungguhnya umatku akan dipanggil pada hari kiamat nanti dalam keadaan dahi , kedua tangan dan kaki mereka bercahaya , karena bekas wudhu’ .” (HR. Bukhari) Sedangkan orang kafir , tidaklah bermanfa'at amal-amal perbuatan mereka walaupun di dalamnya terdapat suatu kebaikan , seperti : Shadaqah , silaturahmi , infaq di dalam kebaikan . Dan Allah telah mensifati amal-amal mereka dengan firman-Nya : "Dan orang-orang kafir , amal- amal mereka adalah laksana fatamorgana di tanah yang datar , yang disangka air oleh orang- orang yang dahaga tetapi bila didatanginya air itu ia tidak mendapatinya sesuatu apapun . Dan didapatinya (ketetapan) Allah di sisinya , lalu Allah memberikan kepadanya perhitungan amal- amal dengan cukup dan Allah adalah sangat cepat perhitungannya" . (QS. An Nuur : 39)

Maka orang-orang kafir menyangka bahwa amal-amal ini akan bermanfa'at di hari kiamat nanti , akan tetapi amal-amal tersebut tidaklah memiliki timbangan dan nilai karena amal- amal itu dilaksanakan tidak berdasarkan atas sendi Agama yaitu Al Qur'an dan As sunnah . Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman : "Barang siapa mencari agama selain agama islam , maka sekali- kali tidaklah akan diterima (agama itu) daripadanya , dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang rugi" . (QS. Ali Imran : 85) Demikianlah postingan sederhana kami tentang Keadaan Orang- Orang Yang Bertaqwa Pada Hari Kiamat dan selanjutnya "SYAFA'AT" . Semoga kita termasuk orang- orang yang bertaqwa sehingga selamat dari keguncangan yang dahsyat pada hari kiamat nanti....,

Aamiin .

Template by:
Free Blog Templates