Sabtu, 08 Oktober 2011

Wahabi-Salafi Menentang Syeikh IbnuTaimiyah

Tak dipungkiri, banyak umat Islam resah dengan keberadaan Wahabi alias Salafy — demikian mereka menjatidirikan kelompoknya. Cara dakwah yang mereka lakukan, membuat umat Islam gerah. Mereka kerap mencela, bahkan menista ulama besar dan gerakan Islam di luar kelompoknya. Pelbagai tuduhan, hujatan, dan lontaran kata-kata kasar keluar dari mulut kaum Wahabi. Dengan enteng, mereka memberi cap-cap (stigma) buruk dengan sebutan ahlu bid’ah, khurafi, penyembah kubur, gerakan sempalan sesat, kepada tokoh dan gerakan Islam yang bukan kelompoknya. Anehnya, ketika (ulama) wahabi dikritik gerakan Islam lain karena hujjahnya, mereka tidak rela, bahkan menyerang balik habis- habisan para pengkritiknya.

Sebetulnya, kalau mereka mau menelaah ulang kitab para pendahulunya, seperti Ibnu Taimiyah sebagai tokoh sentral mereka. Mereka akan sadar bahwa Ibnu Taimiyah sendiri tidak se-ekstrem kaum salafi sekarang. Peringatan maulid misalnya, Ibnu Taimiyah menyatakan bahwa merayakan maulid dengan dasar cinta Nabi Saw. adalah bernilai pahala. Kaum wahabi berpendapat sebaliknya. Mereka mengatakan perbuatan itu sebagai bid’ah, kurafat, dan pengkultusan yang ujung-ujungnya adalah syirik. Bagi masyarakat Muslim, jika ada kelompok yang suka menyalahkan, mencaci-maki dan membid’ahkan amalan-amalan ahlussunnah, cukuplah dijawab dengan dalil-dalil imam mereka sendiri, yang akan kita bahas satu persatu. Dijamin, mereka bakal kelabakan dan diam seribu bahasa. Sebab, nyatanya mereka melabrak pendapat-pendapat para imam mereka sendiri. Berikut kami tunjukkan beberapa bukti yang shahih.

PERTAMA, tentang maulid. Ibnu Taimiyah dalam kitabnya, Iqtidha’ as-Sirath al-Mustaqim hal.269 menyatakan bahwa mereka yang mengagungkan maulid mendapat pahala besar karena tujuan baik dan pengagungan mereka kepada Rasulullah Saw..” Video berikut akan memperjelas buktinya Terjemah narasi: Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta. Amma ba’du Peringatan maulid Nabi Saw. itu tergolong bid’ah hasanah. Peringatan semacam ini sudah ditradisikan sejak ratusan tahun lalu.

Peringatan ini merupakan kesepakatan yang dilakukan oleh raja-raja, para ulama’, masayikh. Termasuk para ahli hadits, pakar fikih, orang-orang zuhud, para ahli ibadah dan berbagai individu dari kalangan awam. Di samping itu, peringatan ini punya dasar kuat yang diambil dengan cara istinbath seperti telah dijelaskan Imam al-Hafid Ibnu Hajar dan para ulama ahlussunnah lainnya. Diantara bidah dan kesesatan para penentang tawassul, mereka mengharamkan maulid dengan ekstrem. Bahkan seorang tokoh mereka, Abubakar Aljazairi –semoga Allah memberinya petunjuk- menyatakan, sembelihan yang disediakan untuk suguhan maulid lebih haram dari babi. Wal iyadzu billah, semoga Allah melindungi kita dari membenci Rasulillah Saw. Begitu antinya mereka terhadap maulid. Namun yang menarik, Ibnu Taimiyah sendiri tidak mengharamkan, bahkan dalam sebagian fatwanya dia katakan, “Jika maulid dilaksanakan dengan niat baik akan membuahkan pahala,” artinya sah-sah saja dilakukan. Marilah kita simak kitab Iqtidha’ as-Sirath al-Mustaqim karya seorang filosof mujassim Ahmad ibn Taimiyah (meninggal tahun 728 hijriah) cet. Darul Fikr Lebanon th.1421 H. Pada hal.269 Ibnu Taimiyah berkata, “Adapun mengagungkan maulid dan menjadikannya acara rutinan, segolongan orang terkadang melakukannya.

Dan mereka mendapatkan pahala yang besar karena tujuan baik dan pengagungannya kepada Rasulullah Saw..” Jika semua ini telah jelas, maka bersama siapakah kelompok sempalan wahabi ini? Mereka tidak bersama ahlussunnah wal jamaah. Tidak pula bersama tokohnya, Ibnu Taimiyah. Sepatutnya mereka mencela diri mereka sendiri, dan bertaubat dari kesesatan mereka selama masih ada kesempatan. Cukuplah sebagai kehinaan, penilaian buruk mereka terhadap hal yang telah disepakati kaum muslimin berabad-abad di penjuru timur dan barat bumi. Segala puji bagi Allah yang telah memberi kita taufiq untuk menjelaskan hal ini. Semoga salawat dan rahmat Allah tetap tercurah atas Rasulullah Saw..

KEDUA, Ibnu Taimiyah meriwayatkan kisah Abdullah bin Umar yang sembuh dari lumpuhnya setelah ia ber- istighasah dengan memanggil nama Rasulullah Saw.. Simak video berikut: Terjemahnya: Alhamdulillah Rabbil Alamin. Salawat dan salam atas junjungan kita Nabi Muhammad Saw.. Amma ba’du, ini adalah kitab “al-Kalimut Toyyib” karya filsuf mujassim Ahmad bin Taimiyah al Harrani (w.728 H) cet. Darul kutub ilmiyah Beirut 1417 H “ﻋﻦ ﺍﻟﻬﻴﺜﻢ ﺑﻦ ﺣﻨﺶ ﻗﺎﻝ ﻛﻨﺎ ﻋﻨﺪ ﻋﺒﺪ ﺍﻟﻠﻪ ﺑﻦ ﻋﻤﺮ ﺭﺿﻲ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻨﻬﻤﺎ ﻓﺨﺪﺭﺕ ﺭﺟﻠﻪ ﺃﻱ ﺃﺻﺎﺑﻬﺎ ﻣﺜﻞ ﺷﻠﻞ ﻓﻘﺎﻝ ﻟﻪ ﺭﺟﻞ ﺍﺫﻛﺮ ﺃﺣﺐ ﺍﻟﻨﺎﺱ ﺇﻟﻴﻚ ﻓﻘﺎﻝ ﻳﺎ ﻣﺤﻤﺪ ﻓﻜﺄﻧﻤﺎ ﻧﺸﻂ ﻣﻦ ﻋﻘﺎﻝ -ﺃﻱ ﺗﻌﺎﻓﻰ ﻓﻮﺭﺍ.”- Pada halaman 123 Ibnu Taimiyah berkata “Dari al-Haitsam bin Hanasy dia berkata, ‘Kami sedang bersama Abdullah bin Umar r.a. tatkala tiba-tiba kakinya mendadak lumpuh, maka seorang menyarankan ’sebut nama orang yang paling kau cintai!’ maka Abdullah bin Umar berseru, ‘Ya Muhammad!’ maka dia pun seakan-akan terlepas dari ikatan, artinya sembuh seketika.” Inilah yang diterangkan Ibnu Taimiyah dalam kitabnya “al- Kalimut Toyyib” (perkataan yang baik), yakni dia menilai baik semua isi kitabnya. Yang dilakukan Abdullah bin Umar ini adalah istighatsah dengan Rasulullah Saw. dengan ucapan ‘Ya Muhammad’ Dalam Islam ini diperbolehkan, Ibnu Taimiyah menganggapnya baik, menganjurkannya, dan mencantumkan dalam kitabnya, “al-Kalimut Toyyib”. Ini menurut wahabi sudah termasuk kufur dan syirik, artinya istighasah dengan memanggil Nabi Saw. setelah beliau wafat adalah perbuatan kafir dan syirik menurut wahabi.

Apa yang akan dilakukan kaum wahabi sekarang? Apakah mereka akan mencabut pendapatnya yang mengkafirkan orang yang memanggil ‘Ya Muhammad’ ataukah mereka tidak akan mengikuti Ibnu Taimiyah dalam masalah ini? Padahal dialah yang mereka juluki Syeikhul islam. Alangkah malunya mereka, alangkah malunya para imam yang diikuti Ibn Abdil Wahab karena pendapatnya bertentangan dengan pendapat kaum muslimin. Dalam hal ini, kaum wahabi, dengan akidah mereka yang rusak, telah mengkafirkan Ibnu Taimiyah, karena ia telah menganggap baik hal yang syirik dan kufur menurut anggapan mereka. Ini semua adalah bukti bahwa mereka adalah kelompok mudzabdzab (plin-plan), kontradiksi dan menyimpang dari ajaran Ahlussunnah wal Jamaah Segala puji selamanya bagi Allah, di permulaan dan penghujung.

KETIGA, dalam Majmu Fatawanya Jilid 4 Hal.379 Ibnu Taimiyah mengakui keberadaan wali qutb, autad dan abdal.

Dia juga menegaskan, jika malaikat membagi rejeki dan mengatur alam maka orang-orang saleh bisa berbuat lebih dari para malaikat. Apalagi para wali qutb, Autad, Ghauts, wali abdal dan Nujaba’. (Scan kitab klik di sini) ﻭَﻗَﺪْ ﻗَﺎﻟُﻮﺍ : ﺇﻥَّ ﻋُﻠَﻤَﺎﺀَ ﺍﻟْﺂﺩَﻣِﻴِّﻴﻦَ ﻣَﻊَ ﻭُﺟُﻮﺩِ ﺍﻟْﻤُﻨَﺎﻓِﻲ ﻭَﺍﻟْﻤُﻀَﺎﺩِّ ﺃَﺣْﺴَﻦُ ﻭَﺃَﻓْﻀَﻞُ . ﺛُﻢَّ ﻫُﻢْ ﻓِﻲ ﺍﻟْﺤَﻴَﺎﺓِ ﺍﻟﺪُّﻧْﻴَﺎ ﻭَﻓِﻲ ﺍﻟْﺂﺧِﺮَﺓِ ﻳُﻠْﻬَﻤُﻮﻥَ ﺍﻟﺘَّﺴْﺒِﻴﺢَ ﻛَﻤَﺎ ﻳُﻠْﻬَﻤُﻮﻥَ ﺍﻟﻨَّﻔَﺲَ ؛ ﻭَﺃَﻣَّﺎ ﺍﻟﻨَّﻔْﻊُ ﺍﻟْﻤُﺘَﻌَﺪِّﻱ ﻭَﺍﻟﻨَّﻔْﻊُ ﻟِﻠْﺨَﻠْﻖِ ﻭَﺗَﺪْﺑِﻴﺮُ ﺍﻟْﻌَﺎﻟَﻢِ ﻓَﻘَﺪْ ﻗَﺎﻟُﻮﺍ ﻫُﻢْ ﺗَﺠْﺮِﻱ ﺃَﺭْﺯَﺍﻕُ ﺍﻟْﻌِﺒَﺎﺩِ ﻋَﻠَﻰ ﺃَﻳْﺪِﻳﻬِﻢْ ﻭَﻳَﻨْﺰِﻟُﻮﻥَ ﺑِﺎﻟْﻌُﻠُﻮﻡِ ﻭَﺍﻟْﻮَﺣْﻲِ ﻭَﻳَﺤْﻔَﻈُﻮﻥَ ﻭَﻳُﻤْﺴِﻜُﻮﻥَ ﻭَﻏَﻴْﺮُ ﺫَﻟِﻚَ ﻣِﻦْ ﺃَﻓْﻌَﺎﻝِ ﺍﻟْﻤَﻠَﺎﺋِﻜَﺔِ . ﻭَﺍﻟْﺠَﻮَﺍﺏُ : ﺃَﻥَّ ﺻَﺎﻟِﺢَ ﺍﻟْﺒَﺸَﺮِ ﻟَﻬُﻢْ ﻣِﺜْﻞُ ﺫَﻟِﻚَ ﻭَﺃَﻛْﺜَﺮُ ﻣِﻨْﻪُ ﻭَﻳَﻜْﻔِﻴﻚ ﻣِﻦْ ﺫَﻟِﻚَ ﺷَﻔَﺎﻋَﺔُ ﺍﻟﺸَّﺎﻓِﻊِ ﺍﻟْﻤُﺸَﻔَّﻊُ ﻓِﻲ ﺍﻟْﻤُﺬْﻧِﺒِﻴﻦَ ﻭَﺷَﻔَﺎﻋَﺘُﻪُ ﻓِﻲ ﺍﻟْﺒَﺸَﺮِ ﻛَﻲْ ﻳُﺤَﺎﺳَﺒُﻮﺍ ﻭَﺷَﻔَﺎﻋَﺘُﻪُ ﻓِﻲ ﺃَﻫْﻞِ ﺍﻟْﺠَﻨَّﺔِ ﺣَﺘَّﻰ ﻳَﺪْﺧُﻠُﻮﺍ ﺍﻟْﺠَﻨَّﺔَ . ﺛُﻢَّ ﺑَﻌْﺪَ ﺫَﻟِﻚَ ﺗَﻘَﻊُ ﺷَﻔَﺎﻋَﺔُ ﺍﻟْﻤَﻠَﺎﺋِﻜَﺔِ ﻭَﺃَﻳْﻦَ ﻫُﻢْ ﻣِﻦْ ﻗَﻮْﻟِﻪِ : } ﻭَﻣَﺎ ﺃَﺭْﺳَﻠْﻨَﺎﻙَ ﺇﻟَّﺎ ﺭَﺣْﻤَﺔً ﻟِﻠْﻌَﺎﻟَﻤِﻴﻦَ { ؟ ﻭَﺃَﻳْﻦَ ﻫُﻢْ ﻋَﻦْ ﺍﻟَّﺬِﻳﻦَ : } ﻭَﻳُﺆْﺛِﺮُﻭﻥَ ﻋَﻠَﻰ ﺃَﻧْﻔُﺴِﻬِﻢْ ﻭَﻟَﻮْ ﻛَﺎﻥَ ﺑِﻬِﻢْ ﺧَﺼَﺎﺻَﺔٌ { ؟ ﻭَﺃَﻳْﻦَ ﻫُﻢْ ﻣِﻤَّﻦْ ﻳَﺪْﻋُﻮﻥَ ﺇﻟَﻰ ﺍﻟْﻬُﺪَﻯ ﻭَﺩِﻳﻦِ ﺍﻟْﺤَﻖِّ ؛ ﻭَﻣَﻦْ ﺳَﻦَّ ﺳُﻨَّﺔً ﺣَﺴَﻨَﺔً ؟ ﻭَﺃَﻳْﻦَ ﻫُﻢْ ﻣِﻦْ ﻗَﻮْﻟِﻪِ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ” } ﺇﻥَّ ﻣِﻦْ ﺃُﻣَّﺘِﻲ ﻣَﻦْ ﻳَﺸْﻔَﻊُ ﻓِﻲ ﺃَﻛْﺜَﺮَ ﻣِﻦْ ﺭَﺑِﻴﻌَﺔَ ﻭَﻣُﻀَﺮَ { ” ؟ ﻭَﺃَﻳْﻦَ ﻫُﻢْ ﻣِﻦْ ﺍﻟْﺄَﻗْﻄَﺎﺏِ ﻭَﺍﻟْﺄَﻭْﺗَﺎﺩِ ﻭﺍﻷﻏﻮﺍﺙ ؛ ﻭَﺍﻟْﺄَﺑْﺪَﺍﻝِ ﻭَﺍﻟﻨُّﺠَﺒَﺎﺀِ ؟ Apakah ini pendapat Ibnu Taimiyah ini tergolong khurafat, takhayul dan bid’ah? Adakah dasarnya dari Qur’an dan Sunnah? KEEMPAT, tentang hadiah pahala, Ibnu Taimiyah menegaskan bahwa barangsiapa mengingkari sampainya amalan orang hidup pada orang yang meninggal maka ia termasuk ahli bid’ah. Dalam Majmu’ fatawa jilid 24 halaman 306 ia menyatakan, “Para imam telah sepakat bahwa mayit bisa mendapat manfaat dari hadiah orang lain. Ini termasuk hal yang pasti diketahui dalam agama Islam, dan telah ditunjukkan dengan dalil kitab, sunnah, dan ijma’ (konsensus) ulama’. Barang siapa menentang hal tersebut, maka dia termasuk ahli bid’ah”. (Scan kitab klik di sini) Hal senada juga diungkapkannya berulang-ulang di kitabnya, Majmu’ Fatawa, diantaranya pada Jilid 24 hal. 324 (scan kitab klik di sini) KELIMA, tentang tasawuf. Dalam kumpulan fatwa jilid 10 hal. 507, Syeikh Ibnu Taimiyah berkata, “Adapun para imam sufi dan para syeikh yang dulu dikenal luas, seperti Imam Juneid bin Muhammad beserta pengikutnya, Syeikh Abdul Qadir Jaelani serta yang lainnya. Maka, mereka adalah orang-orang yang paling teguh dalam melaksanakan perintah dan menjauhi larangan Allah.” Selanjutnya, pada jilid. 11 hal.

18 Ibnu Taimiyah berkata, ﻭﺍﻟﺼﻮﺍﺏ ﺃﻧﻬﻢ ﻣﺠﺘﻬﺪﻭﻥ ﻓﻲ ﻃﺎﻋﺔ ﺍﻟﻠﻪ “Yang benar, para sufi adalah mujtahidin dalam taat kepada Allah.” (scan kitab klik di sini) KEENAM, pujian Ibnu Taimiyah terhadap para ulama sufi. Berikut ini kutipan dari surat panjang Ibnu Taimiyah pada jamaah Imam Sufi Syekh Adi bin Musafir Al Umawi, (Majmu’ Fatawa jilid 3 hal. 363-377). Ini sudah cukup menjadi bukti, begitu hormatnya Ibnu Taimiyah pada kaum sufi. ﺑِﺴْﻢِ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺍﻟﺮَّﺣْﻤَﻦِ ﺍﻟﺮَّﺣِﻴﻢِ ﻣِﻦْ ﺃَﺣْﻤَﺪَ ﺍﺑْﻦِ ﺗﻴﻤﻴﺔ ﺇﻟَﻰ ﻣَﻦْ ﻳَﺼِﻞُ ﺇﻟَﻴْﻪِ ﻫَﺬَﺍ ﺍﻟْﻜِﺘَﺎﺏُ ﻣِﻦْ ﺍﻟْﻤُﺴْﻠِﻤِﻴﻦَ ﺍﻟْﻤُﻨْﺘَﺴِﺒِﻴﻦَ ﺇﻟَﻰ ﺍﻟﺴُّﻨَّﺔِ ﻭَﺍﻟْﺠَﻤَﺎﻋَﺔِ ؛ ﺍﻟْﻤُﻨْﺘَﻤِﻴﻦَ ﺇﻟَﻰ ﺟَﻤَﺎﻋَﺔِ ﺍﻟﺸَّﻴْﺦِ ﺍﻟْﻌَﺎﺭِﻑِ ﺍﻟْﻘُﺪْﻭَﺓِ . ﺃَﺑِﻲ ﺍﻟْﺒَﺮَﻛَﺎﺕِ ﻋَﺪِﻱِّ ﺑْﻦِ ﻣُﺴَﺎﻓِﺮٍ ﺍﻟْﺄُﻣَﻮِﻱِّ ” – ﺭَﺣِﻤَﻪُ ﺍﻟﻠَّﻪُ – ﻭَﻣَﻦْ ﻧَﺤَﺎ ﻧَﺤْﻮَﻫُﻢْ – Dari Ahmad Ibnu Taimiyah kepada penerima surat ini, kaum muslimin yang tergolong Ahlussunnah wal Jamaah, yang bernisbat pada jamaah Syeikh al- Arif, seorang panutan, Yang penuh berkah, Adi bin Musafir Al Umawi (Scan kitab klik di sini) ﻭَﻟِﻬَﺬَﺍ ﻛَﺜُﺮَ ﻓِﻴﻜُﻢْ ﻣِﻦْ ﺃَﻫْﻞِ ﺍﻟﺼَّﻠَﺎﺡِ ﻭَﺍﻟﺪِّﻳﻦِ.. Karenanya, banyak diantara kalian orang-orang saleh yang taat beragama.. (scan kitab klik di sini) ﻭَﻓِﻲ ﺃَﻫْﻞِ ﺍﻟﺰَّﻫَﺎﺩَﺓِ ﻭَﺍﻟْﻌِﺒَﺎﺩَﺓِ ﻣِﻨْﻜُﻢْ ﻣَﻦْ ﻟَﻪُ ﺍﻟْﺄَﺣْﻮَﺍﻝُ ﺍﻟﺰَّﻛِﻴَّﺔُ ﻭَﺍﻟﻄَّﺮِﻳﻘَﺔُ ﺍﻟْﻤَﺮْﺿِﻴَّﺔُ ﻭَﻟَﻪُ ﺍﻟْﻤُﻜَﺎﺷَﻔَﺎﺕُ ﻭَﺍﻟﺘَّﺼَﺮُّﻓَﺎﺕُ . ﻭَﻓِﻴﻜُﻢْ ﻣِﻦْ ﺃَﻭْﻟِﻴَﺎﺀِ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺍﻟْﻤُﺘَّﻘِﻴﻦَ ﻣَﻦْ ﻟَﻪُ ﻟِﺴَﺎﻥُ ﺻِﺪْﻕٍ ﻓِﻲ ﺍﻟْﻌَﺎﻟَﻤِﻴﻦَ Diantara orang-orang zuhud dan ahli ibadah dari golongan kalian terdapat mereka yang punya kepribadian bersih, jalan yang diridoi, ahli mukasyafah dan tasarruf. Diantara kalian juga terdapat para wali Allah yang bertakwa dan menjadi buah tutur yang baik di alam raya. (Scan kitab klik di sini) Cermati kata-kata yang dipakai Ibnu Taimiyah dalam risalahnya berikut: panutan, Abil barakat, berkepribadian bersih, jalan yang diridoi, ahli mukasyafah dan tasarruf, para wali Allah. Semua itu menyuratkan pengakuan beliau akan kebesaran orang-orang sufi yang bersih hati.

Adakah orang- orang wahabi sekarang ini meneladani beliau? Surat tersebut selengkapnya juga bisa dibaca di Maktabah Syamilah versi 2 Juz 1 hal. 285-286. KETUJUH, Ibnu Taimiyah mengakui khirqah sufiyah dalam kitabnya, Minhajus Sunnah Jilid 4 Hal. 155 ﺍﻟﺨﺮﻕ ﻣﺘﻌﺪﺩﺓ ﺃﺷﻬﺮﻫﺎ ﺧﺮﻗﺘﺎﻥ ﺧﺮﻗﺔ ﺇﻟﻰ ﻋﻤﺮ ﻭﺧﺮﻗﺔ ﺇﻟﻰ ﻋﻠﻲ ﻓﺨﺮﻗﺔ ﻋﻤﺮ ﻟﻬﺎ ﺇﺳﻨﺎﺩﺍﻥ ﺇﺳﻨﺎﺩ ﺇﻟﻰ ﺃﻭﻳﺲ ﺍﻟﻘﺮﻧﻲ ﻭﺇﺳﻨﺎﺩ ﺇﻟﻰ ﺃﺑﻲ ﻣﺴﻠﻢ ﺍﻟﺨﻮﻻﻧﻲ ﻭﺃﻣﺎ ﺍﻟﺨﺮﻗﺔ ﺍﻟﻤﻨﺴﻮﺑﺔ ﺇﻟﻰ ﻋﻠﻲ ﻓﺈﺳﻨﺎﺩﻫﺎ ﺇﻟﻰ ﺍﻟﺤﺴﻦ ﺍﻟﺒﺼﺮﻱ “Khirqah itu ada banyak macamnya. Yang paling masyhur ada dua, yakni khirqah yang bersambung kepada Sayidina Umar dan khirqah yang bersambung kepada Sayidina Ali bin Abi Thalib. Khirqah Umar memiliki dua sanad, sanad kepada Uwais Al-Qarniy dan sanad kepada Abu Muslim Al- Khawlaniy. Adapun khirqah yang dinisbatkan kepada Ali bin Abi Thalib, sanadnya sampai kepada Imam Hasan Al-Bashri.” (Scan kitab klik di sini) Jelas sudah, Ibnu Taimiyah menyatakan keberadaan sanad khirqah ini. Lantas, apakah beliau punya sanad khirqah? Dalam kitab yang sama beliau memberi jawab, ﻭﻗﺪ ﻛﺘﺒﺖ ﺃﺳﺎﻧﻴﺪ ﺍﻟﺨﺮﻗﺔ ﻷﻧﻪ ﻛﺎﻥ ﻟﻨﺎ ﻓﻴﻬﺎ ﺃﺳﺎﻧﻴﺪ “Aku telah menulis sanad-sanad khirqah, karena kami juga punya beberapa sanad khirqah” (scan kitab klik di sini) Kini kita telah paham, Ibnu Taimiyah ternyata memiliki khirqah.

Tak hanya satu, tapi beberapa. Lantas apakah Syaikh- syaikh wahabi saat ini juga punya khirqah seperti halnya Ibnu Taimiyah?. KEDELAPAN, Pernyataan bahwa seluruh alam takkan diciptakan kalau bukan karena Rasulullah Saw. bisa dibenarkan. (Majmu’ Fatawa jilid 11 hal. 98) ﻭَﻣُﺤَﻤَّﺪٌ ﺇﻧْﺴَﺎﻥُ ﻫَﺬَﺍ ﺍﻟْﻌَﻴْﻦِ ؛ ﻭَﻗُﻄْﺐُ ﻫَﺬِﻩِ ﺍﻟﺮَّﺣَﻰ ﻭَﺃَﻗْﺴَﺎﻡُ ﻫَﺬَﺍ ﺍﻟْﺠَﻤْﻊِ ﻛَﺎﻥَ ﻛَﺄَﻧَّﻬَﺎ ﻏَﺎﻳَﺔُ ﺍﻟْﻐَﺎﻳَﺎﺕِ ﻓِﻲ ﺍﻟْﻤَﺨْﻠُﻮﻗَﺎﺕِ ﻓَﻤَﺎ ﻳُﻨْﻜَﺮُ ﺃَﻥْ ﻳُﻘَﺎﻝَ : ﺇﻧَّﻪُ ﻟِﺄَﺟْﻠِﻪِ ﺧُﻠِﻘَﺖْ ﺟَﻤِﻴﻌﻬَﺎ ﻭَﺇِﻧَّﻪُ ﻟَﻮْﻟَﺎﻩُ ﻟَﻤَﺎ ﺧُﻠِﻘَﺖْ ﻓَﺈِﺫَﺍ ﻓُﺴِّﺮَ ﻫَﺬَﺍ ﺍﻟْﻜَﻠَﺎﻡُ ﻭَﻧَﺤْﻮُﻩُ ﺑِﻤَﺎ ﻳَﺪُﻝُّ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﺍﻟْﻜِﺘَﺎﺏُ ﻭَﺍﻟﺴُّﻨَّﺔُ ﻗُﺒِﻞَ ﺫَﻟِﻚَ “Nabi Muhammad Saw. adalah esensi kedua mata ini. Beliau adalah poros segala pergerakan alam ini. Ia laksana puncak dari seluruh penciptaan. Maka tak bisa ditepis lagi bahwa untuk beliaulah seluruh alam ini diciptakan. Kalau bukan karena beliau, takkan wujud seluruh semesta ini. Bila ucapan ini dan semisalnya ditafsir sesuai dengan Al-Quran dan Hadis maka hendaknya diterima.” (Scan kitab klik di sini) Demikianlah sekelumit data dari hasil penelitian obyektif pada kitab-kitab Ibnu Taimiyah sebagai rujukan kaum wahabi. Tak ada sentimen pribadi yang melandasi tulisan ini. Kami hanya berharap semua pihak bisa menerima kebenaran secara obyektif, lalu tak ada lagi sikap cela-mencela di antara sesama muslim.

Template by:
Free Blog Templates